Borokovic

Sekedar catatan yang sedang diingat itupun kalo lagi gak males..

04 March 2008

ARTI SEBUAH KEGAGALAN

Ada banyak pepatah yang mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar, salah satu diantaranya adalah "Orang yang mau mencoba melakukan sesuatu dan gagal jauh lebih baik dibanding orang yang tidak berbuat apa-apa". Tetapi sering kali kita tidak mau perduli. Tidak ada salahnya kita mengupas sedikit tentang permasalahan tersebut. Apalagi dikalangan organisasi kepecintaalaman dalam melakukan suatu kegiatan seperti pendakian gunung, penelusuran gua atau pengarungan sungai. Kita pasti merasa takut nantinya kegiatan tersebut mengalami kegagalan atau hambatan dalam pelaksanaannya, walaupun direncanakan dengan baik. Seperti kita ketahui setiap orang pernah merasakan kegagalan, baik itu orang yang sukses dan terkenal sekalipun. Jadi kenapa banyak orang merasa takut akan kegagalan.

Apapun alasanya kita harus ingat bahwa kegagalan dan kesuksesan adalah salah satu bagian dari hidup. Begitu banyak orang kehilangan kesempatan karena takut gagal. Satu hal yang perlu diingat kita tidak akan pernah mampu memanfaatkan potensi diri, kalau tidak pernah berusaha dan mencoba sesuatu hal yang baru (hal-hal yang positif tentunya). Memanfaatkan kesempatan dengan sedikit resiko akan menjadikan kita orang yang siap dalam menghadapi sebuah kegagalan. Gagal bukan artinya seorang pecundang (loser). Mungkin kita tidak cukup cermat merencanakannya dan bertindak terlalu gegabah atau tidak memiliki prasarana yang cukup dalam mencapai tujuan yang kita inginkan.

Jangan pernah takut mengalami kegagalan karena kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda dan jangan sampai masalah itu menjadi boomerang bagi kita sendiri. Salah satu kunci mengatasi rasa takut mengalami kegagalan adalah sikap. Bagaimana sikap atau tindakan kita selanjutnya dalam mengatasi sebuah kegagalan.

Kegagalan sebaiknya kita jadikan pengalaman atau guru yang terbaik, agar bisa kita jadikan acuan untuk masalah selanjutnya. Jika kita tak pernah melakukan sesuatu karena takut gagal, itu adalah pemikiran yang bodoh. Kapan kita akan maju?. Kapan kita akan menuju perubahan yang lebih baik?. Mulailah bersifat tegas sejak dini dan jangan ragu memulai hal-hal yang baru. Percayalah itu merupakan tindakan yang terbaik bagi kemajuan kita, selama tidak menyalahi aturan-aturan yang ada.

Do your best…..!!! Teplok

No comments:

Post a Comment