19 December 2007

Webcam Pake Kamera Handphone/Ponsel

Mungkin judul di atas bukan hal asing lagi bagi anda yang menggunakan hape kelas tinggi ataupun anda yang menggunakan ponsel bermerk K-Touch. Namun bagi pengguna Symbian S60 edisi satu dan dua hal ini masih dapat dikatakan hal baru.

Bagaimana caranya? Hal ini dapat dimungkinkan oleh sebuah software bernama wwigo yang diinstall di PC ataupun laptop kamu dengan persyaratan kamu harus memiliki bluetooth baik internal ataupun eksternal. Jadi gambar dari hape dikirim melalui Bluetooth (wireless; dalam percobaan yang dilakukan jarak hape ke pc sampai 10 meter gambar yang terlihat di pc terlihat baik sekali).

Bagi yang mau mencoba ikuti petunjuk berikut ini:

Langkah Pertama
Mempersiapkan semua perlengkapan berikut :
Yang pertama kamu harus punya pc
Yang kedua kamu juga harus punya Bluetooth

Yang ketiga kamu harus punya hape yang menggunakan OS Symbian (S60 edisi satu atau dua) yang tentunya dilengkapi dengan kamera dan Bluetooth (dalam percobaan ini menggunakan Nokia N70-1)

Langkah Kedua
Cari dan download software wwigo.

Kalo udah di download, install aja langsung. Sebelum melakukan install, pastikan Bluetooth di PC aktif. Kamu tinggal pilih Next, I Agree, Next, Install, tunggu proses sebentar, Next. Sebelum kamu menekan Close pastikan bluetooth di hape udah aktif, karena pc akan mengirimkan software untuk diinstall di hape. Setelah tombol Close di klik maka muncul jendela Bluetooth File Transfer Wizard, pilih browse, PC akan mencari bluetoth yang sedang aktif, kalau sudah selesai cari hape kamu disitu, pilih, dan klik OK.

Kemudian PC mengirimkan software ke hape. Install software tersebut.

Langkah Ketiga
Jalankan wwigo di PC. Jalankan juga wwigo di hape (pada Nokia N70 berada pada My Own/wwigo). Aktifkan kamera hape, lalu pilih OptionàConnect, hape akan mencari Bluetooth lain yang aktif. Kalau sudah pilih Bluetooth PC kamu lalu connect. Selesai

Trouble Shooting
Bluetooth PC tidak terdeteksi.
Periksa apakah bluetooth sudah terpasang dengan benar. Jika sudah benar coba klik kanan icon bluetoth pada systray (lihat gambar)













Bagi kamu yang males nyari, download dari sini aja Yusrizal Siregar

14 comments:

  1. mau tanya kalo nokia 5200 bisa ngga ya kamera ny d pake utk webcam??

    ReplyDelete
  2. Berikut hape Nokia yang menggunakan s60 edisi 1
    N-Gage QD, 3660, 3620, 3600, N-Gage, 3650, 7650.

    s60 edisi 2
    N72, N70, N90, 6682, 6681, 6680, 3230, 6670, 6630, 6260, 7610, 6620, 6600.

    ReplyDelete
  3. mau tanya..hp saya nokia 6260 dengan memakai bluetooth blue soleil..tapi kok tak bisa konek ya...di Hp tertulis bluetooth error service discovery failid. bagaimana mengatasinya..terima kasih

    ReplyDelete
  4. Udah coba bagian troubleshootingnya?

    ReplyDelete
  5. mas saya mau tanya kalau HP SE W660i bisa ga kameranya digunakan sebagai webcame???
    thx

    ReplyDelete
  6. Untuk Hape SE W660i tidak bisa jika menggunakan aplikasi ini, karena aplikasi ini dikhususkan untuk HP dengan OS Symbian S60.

    Tapi nanti saya coba cari yang versi Java.

    ReplyDelete
  7. Wow, di hape gw berhasil! Makasi gan. . . :)

    ReplyDelete
  8. mas hp black barry bisa ngga???

    ReplyDelete
  9. gmna kalo pkek kabel usb gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada masalah, malahan lebih bagus, kaena datanya ditransfer via kabel...

      Delete
  10. kallo pake handphone nokia x2-02 biisa gga ?

    ReplyDelete
  11. kalo pake hp nokia x2-02 biisa gga ?

    ReplyDelete

Entri Populer