12 June 2009

Virus di Facebook!

Tadi pagi saya menerima informasi dari facebook yang mengatakan bahwa salah seorang teman saya mengirimkan pesan. Isi dari pesan tersebut "WWanna havve somee funn? waatch thiis vvideo withh yoou.".

Tentu saja saya tertarik untuk melihat video tersebut. Saya langsung menuju ke lokasi. Setelah tiba ada sedikit kejanggaan yang sama lihat. Pada title bar firefox saya tertulis You Tube, tetapi pada address bar tertulis hanya IP addressnya, dan tiba-tiba muncul konfirmasi untuk mendownload sebuah file. Melihat alamat yang hanya berupa ip address saya langsung membatalkan download tersebut.

Ternyata trik si pembuat virus tidak sampai disitu, video tadi menampilkan pesan bahwa video tersebut hanya bisa diputar dengan flash player yang memiliki versi lebih tinggi. Saya coba klik pesan tersebut, dan langsung muncul konfirmasi untuk mendownload sebuah file. Seingat saya, jika mendownload flash player pastilah melalui situs adobe.com, tetapi ini tidak, ini situs yang tidak saya kenal.

Saya berinisiatif untuk langsung mendownload flash player dari adobe.com. Proses instalasipun selesai, saya kembali menjalankan firefox setelah tadi ditutup untuk proses instalasi flash player. Saya langsung menuju ke alamat video tadi. Namun lagi-lagi muncul pesan flash player saya masih kurang tinggi juga.

Akhirnya saya membatalkan niat untuk menonton video tersebut. Selang beberapa menit, seorang teman merepply pesan tersebut, ternyata pesan yang sama dikirimkan ke beberapa orang sekaligus. Dia menuliskan ""Thank you but this file have a virus!!!!!!!!! TROJAN HORSE!!!!!!!!!!!!!!!!"".

Saat ini pesan tersebut sudah dihapus oleh facebook. Jika kamu menerima pesan yang sama, silahkan segera laporkan ke fascebook.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer