Borokovic

Sekedar catatan yang sedang diingat itupun kalo lagi gak males..

26 March 2010

Tips Mengamankan Facebook dari Hacker

Tips ini berguna bagi kamu-kamu yang sering membuka facebook di warnet atau di komputer-komputer publik lainnya. Cukup dengan 4 langkah mudah saja, facebook kamu jadi lebih aman.
Saat ini sudah banyak facebooker yang mengeluh akunnya dicuri oleh hacker, namun sebenarnya fakta mengatakan lain, hingga saat ini belum ada hacker yang mampu menembus keamanan facebook, dan facebook selalu melakukan update keamanan secara berkala, hal ini dimaksudkan untuk menjaga privasi penggunanya, lagi pula ngapain sih hacker nyuri akun kamu?.
Jika yang saya katakan di atas benar, mengapa beberapa dari kita kehilangan facebook nya karena password nya diganti? Ini pertanyaan yang bagus, jawabannya adalah karena kelalaian kita sendiri atau boleh juga disebutkan oleh ketidaktahuan kita, dan hal ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbagai macam alasan.
Kita langsung ke tips!
1. Hidupkan komputer. Jika kamu tidak yakin komputer baru saja menyala, silahkan restart!
Langkah ini terlihat sepele, tetapi sebenarnya sangat penting. DeepFreeze sebuah software yang berguna untuk membekukan sistem, setiap warnet yang mementingkan keamanan pelangganya pastilah menginstal software ini.
Sebuah komputer yang sudah digunakan orang lain mungkin saja bervirus dan masih menyimpan data-data pribadi orang tersebut di browser, dan software ini berguna untuk mengembalikan komputer ke pengaturan awal setelah komputer di restart atau di shutdown (jadi tanpa restart / shutdown software ini tidak berguna), lebih tepat lagi mungkin seperti baru, jadi kamu tidak perlu khawatir akan virus.
2. Pastikan DeepFreeze aktif
Lihat di pojok kanan bawah layar monitor, dan pastikan DeepFreeze dalam keadaan aktif, kalau DeepFreeze dalam kondisi tidak aktif, segera hubungi OP warnet dan meminta untuk mengaktifkannya dan restart komputer.
Jika tidak ada, coba klik tombol panah yang mengarah ke kiri di pojok kanan bawah layar monitor mungkin dia terselip disitu, kalau tidak ada juga, maka sebaiknya kamu segera meninggalkan warnet tersebut.
3. Login Facebook
Selalu login ke Facebook melalui https://www.facebook.com, dan jangan pernah login dari alamat yang tidak kamu kenal seperti facebook.co.cc, facebook.nr.com, facebook-id.blogspot.com dan banyak lagi lainnya. Ketiklah secara manual di address bar alamat facebook persis seperti di atas.



Kemudian tekan enter. Perhatikan gambar di bawah, bagian yang saya tandai akan muncul setelah kamu menekan tombol enter, dan itu artinya kamu akan login dengan fasilitas secure, data yang dikirimkan akan di enkripsi, sehingga akan sangat sulit untuk dibajak orang lain.


4. Pastikan komputer restart / shutdown
Setelah selesai menggunakan komputer, stop billing dan pastikan komputer restart/shutdown! Ini berguna untuk menghapus semua jejak kamu termasuk data-data pribadi kamu seperti password dan email di komputer tersebut. Ingat hal ini hanya dapat berfungsi jika DeepFreeze aktif (lihat point 1 dan 2).

Tips Tambahan :
- Pada saat membuat email, pastikan kamu mengisi data yang diminta dengan sebenar-benarnya. Ini akan berguna jika kamu lupa passwordnya.
- Bedakanlah password email dan password facebook. Untuk tips membuat password silahkan googling aja, banyak kok, kalo males ngetiknya klik disini.
Sekian dulu, semoga bermanfaat, and Happy Surfing!

No comments:

Post a Comment