25 December 2007

SEJARAH KANO

Yohanes Macgregor (1860) adalah seorang pengacara Scotlandia, olahragawan, pelancong, dan dermawan, dia adalah seorang figur utama yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan olahraga kano. Ia merancang perahu kano yang memiliki geladak dan dilengkapinya dengan tiang dan berjalan dengan cara didayung, Dia menggunakan kanonya dan berlayar sepanjang Eropa dan timur tengah, serta mempromosikan penggunaannya lewat presentasi dan buku. Pada tahun 1870-an, Robert Baden-Powell, pendiri Pramuka, merancang satu rangkaian perahu kano, perahu ciptaannya ini berbeda dengan yang dibuat oleh Macgregor. Suatu jenis perahu kano yang baku diperkenalkan oleh International Canoe federation (ICF) setelah Perang Dunia II (Dalam perlombaan terutama ukurannya harus sama).

Pada tahun 1865-1866 Macgregor mendirikan Club Kano bersama dengan beberapa orang pemerhati kano. Sesudah itu berdirilah klub-klub kano lain dari negara Britain yang lain pada tahun 1936. Pada tahun ini olah raga kano menjadi maju di negara Britain. Sedangkan di benua Amerika, klub kano telah mulai bermunculan pada tahun 1871, tepatnya di Amerika utara, dan di tahun 1880 berdirilah American Canoe Association dan yang bermarkas di Amerika Serikat yang mengatur semua hal mengenai kano, terutama membuat lomba-lomba. Di Kanada berdiri klub kano pada tahun 1900. Pada tahun 1936 olahraga kano dipertandingkan di Olimpiade untuk pertama kalinya.

Awalnya olahraga kano hanyalah olahraga biasa yang tidak dipertandingkan, kebanyakan orang berkano ria di sungai atau danau hanya untuk rekreasi saja dan sebagian lagi berkano untuk menunjang hobby mereka seperti memancing dan berburu. Sedangkan yang paling berkembang pesat saat ini adalah berkano ria di derasnya arus sungai.

Kano sebagai olahraga berkembang awalnya tak lepas dari perannya sebagai penunjang saat berburu, memancing serta saat ekspedisi peperangan. Sedangkan sebagai olah raga yang terorganisir dimulai sejak pertengahan abad ke 19, dan menjadi sangat populer sekitar abad ke 20, terutama disekitar Eropa. Setelah tahun 1936 kano putra dilombakan, di olimpiade tahun 1948 kano putri diperlombakan juga dan dimenangkan oleh tim putri dari Uni Soviet. Sesudah perang dunia ke II, olahraga kano didominasi oleh Eropa timur. Sedangkan yang merebut juara paling banyak pada olimpiade tahun 1948 dan1956 adalah dari Swedia yang memenangkan 6 medali emas untuk individu dan beregu.

Event lain yang laksanakan oleh ICF adalah kano arus deras, adu kecepatan (sedikitnya 3 kilometer, [1.9 miles]) dan slalom kecepatan. Perlombaan pada air tenang dengan kedalaman kurang dari 3 meter, dengan jarak 1000 m, dan bergerak pada satu jalur yang sempit.

Sampai saat ini berkembang cabang olahraga kano, seperti kano polo dan kano surfing.

Taken from Encyclopaedia Britanica 2003 Translated by Nolly Lomamay

No comments:

Post a Comment

Entri Populer